pembuatan paspor

Diantara persyaratan khusus untuk pembuatan e-paspor atau pembuatan paspor biasa  adalah sebagai berikut:

  1. KTP dan Kartu Keluarga
  2. Akta Kelahiran atau Ijazah atau surat nikah
  3. Surat Rekomendasi
  4. Kartu Pelajar
  5. Lembar Pernyataan Paspor Baru

Untuk poin 5 yaitu surat rekomendasi diperlukan jika anda bukan warga dari kota tempat pembuatan e-paspor yang telah disebutkan di atas (DKI Jakarta, Batam dan Surabaya). Misalnya anda sekarang sedang bekerja di Jakarta dengan KTP Kalimantan maka anda harus meminta surat rekomendasi dari perusahaan di mana anda bekerja.

Surat rekomendasi tersebut harus dibubuhi dengan tanda-tangan atasan dan stempel dari perusahaan. Pada poin 4 yaitu kartu pelajar diperlukan jika berstatus pelajar. Untuk poin 5 Lembar Pernyataan Paspor Baru bermaterai di koperasi kantor imigrasi setempat dengan membayar uang sebesar Rp7.500.

Lengkapilah semua dokumen di atas (sesuai dengan kriteria pemohon) beserta fotokopiannya. Untuk diketahui, semua dokumen di atas harus di fotokopi di kertas A4. Selain itu petugas tidak akan menerima dokumen-dokumen yang anda fotokopi tersebut. Sebagai contoh, jika anda adalah seorang pelajar, berarti harus melengkapi 5 dokumen asli (KTP, KK, Akta Kelahiran, Ijazah dan Kartu Pelajar) beserta dengan fotokopiannya.

Ingat, karena mungkin kantor imigrasi yang disebutkan di atas berlokasi sangat jauh dari tempat tinggal anda, maka sebaiknya teliti dan lengkapi dokumen pembuatan paspor sebelum berangkat ke kantor imigrasi atau syarat pembuatan paspor anda tidak terpenuhi dan anda gagal membuatnya.

 

Tidak ingin kan agar hasil anda datang jauh-jauh ke kantor imigrasi di tolak, yuk lengkapi persyaratannya.